Tujuan mempelajari psikologi perkembangan peserta didik
Tujuan
mempelajari psikologi perkembangan peserta didik
Adapun
tujuan mempelajari psikologi perkembangan peserta didik diantaranya sebagai
berikut.
·
Untuk mengetahui tingkah laku individu itu
sesuai atau tidak dengan tingkat usia/perkembangannya.
·
Untuk mengetahui tingkat kemampuan individu
pada setiap fase perkembangannya.
·
Untuk mengetahui kapan individu bisa diberi
stimulus pada tingkat perkembangan tertentu.
·
Agar dapat mempersiapkan diri dalam
menghadapi perubahn-perubahan yang akan dihadapi anak.
·
Khusus bagi guru, agar dapat memilih dan
memberikan materi dan metode yang sesuai dengan kebutuhn anak, terutama dalam
kegiatan belajar mengajar.
·
Memberikan, mengukur, dan menerangkan
perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai
dengan tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang
berlaku bagi anak-anak dimana saja dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
·
Mempelajari karakteritik umum perkembangan
peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
·
Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat
pribadi pada tahapan, tau masa perkembangan tertentu.
·
Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan
tertentu yang menimbulkan reaksi berbeda.
·
Mepelajari penyimpangan tingkah laku yang
dialami seseorang seperti kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan dalam
fungsionalitas inteleknya, dan lain-lain.
Tujuan
psikologi perkembangan meliputi :
A. Memberi, mengukur, dan menerangkan
perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai
dengan tinkat umur dan yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam arti yang
berlaku bagi anak-anak dimana saja dan dalam lingkungan sosial-budaya mana
saja.
B. Mempelajari perbedaan-perbedaan yang
bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan tertentu.
C. Mempelajari tingkah laku anak pada
lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda.
D. Mempelajari penyimpangan dari tingkah
laku yang dialami seseorang seperti kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan
dalam fungsionalitas inteleknya, dan lain-lain.Daftar Pustaka
Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia