Tujuan mempelajari psikologi perkembangan peserta didik

Tujuan mempelajari psikologi perkembangan peserta didik

Adapun tujuan mempelajari psikologi perkembangan peserta didik diantaranya sebagai berikut.
·         Untuk mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/perkembangannya.
·         Untuk mengetahui tingkat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya.
·         Untuk mengetahui kapan individu bisa diberi stimulus pada tingkat perkembangan tertentu.
·         Agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahn-perubahan yang akan dihadapi anak.
·         Khusus bagi guru, agar dapat memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai dengan kebutuhn anak, terutama dalam kegiatan belajar mengajar.
·         Memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
·         Mempelajari karakteritik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial.
·         Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan, tau masa perkembangan tertentu.
·         Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi berbeda.
·         Mepelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang seperti kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan dalam fungsionalitas inteleknya, dan lain-lain.
Tujuan psikologi perkembangan meliputi :
A.        Memberi, mengukur, dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tinkat umur dan yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam arti yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dan dalam lingkungan sosial-budaya mana saja.
B.        Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan tertentu.
C.        Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda.
D.        Mempelajari penyimpangan dari tingkah laku yang dialami seseorang seperti kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan dalam fungsionalitas inteleknya, dan lain-lain.

Daftar Pustaka
Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia

Postingan populer dari blog ini

Visi ilmu di indonesia

Karakteristik anak usia remaja (SMP/SMA)

Sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan