Periodensi Perkembangan Anak
Periodensi
Perkembangan Anak
1.
Fase Perkembangan Berdasarkan Konsep
Didaktif
Dasar yang digunakan
untuk menentukan pembagian fase-fase perkembangan adalah materi dan cara
bagaimana mendidik anak pada masa-masa tertentu pembagian seperti ini, antara
lain diberikan oleh Johann Amos Cimenius, seorang ahli didik dari Moravia. Ia
membagi fase-fase perkembangan berdasarkan tingkat sekolah yang diduduki anak
sesuia dengan tingkat usia dan menurut bahasa yang dipelajari disekolah.
2.
Peiodesasi Perkembangan Berdasarkan
Ciri-ciri Psikologis
Periode perkembangan berdasarkan ciri-ciri
psikologis ini dikemukakan oleh beberapa ahli, di antaranya Oswald Kroch.
Ciri-ciri yang digunakan oleh Oswald Kroch adalah pengalaman keguncangan jiwa
yang dimanifestasikan dalam bentuk sifat trotz
atau sifat “keras kepala” dan ia membagi fase perkembangan ini menjadi
tiga.
a.
Fase
anak awal, umur0-3 tahun. Pada akhir fase ini terjadi troz pertama yang ditandai dengan serba membantah menentang orang
lain.
b.
Fase
keserasian sekolah, umur 3-13 tahun. Pada akhir fase ini terjadi troz kedua yang ditandai dengan anak
serba membantahatau menentanga orang lain bahkanucapan orang tua.
c.
Fase
kematangan, umur 13-21. Fase ini terjadi setelah berakhirnya gejala-gejala troz kedua, dimana anak mulai merasakan
kelebihan dan kekurangan yang ia miliki yang dihadapi dengan sewajarnya.
Daftar Pustaka
Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik .Jakarta: Ghalia Indonesia
Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik .Jakarta: Ghalia Indonesia