Kegunaan mempelajari psikologi perkembangan

Kegunaan mempelajari psikologi perkembangan

Beberapa manfaat psikologi perkembangan adalah sebagai berikut.
A.        Membantu apa yang diharapkan oleh anak dan kapan yang diharapkan itu muncul.
B.        Dengan apa yang diharpkan anak, memungkinkan untuk menyusun pendoman dalam bentuk skala tinggi-berat, usia-berat, usia-mental dan skala perkembangan sosial atau emosional.
C.        Memungkinkan para orang tua atau guru memberikan bimbingan belajar yang cepat.
D.        Mengetahui perkembangan yang normal pada anak.
Manfaat lain yang akan diperoleh guru atau calon guru, di antaranya adalah sebagai berikut.
         seorang guru akan dapat memberikan harapan yang realitas terhadap anak dan remaja.
         dapat membantu kita dalam memberikan respons yang tepat terhadap prilaku tertentu seorang anak.
         akan membantu para orang tua dan guru dalam menghadapi tantangan saat membesarkan dan mendidik anak-anak/siswanya.
         memungkinkan para guru untuk sebelumnya mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan terjadi pada tubuh, perhatian dan prilakunya.
         memberi informasi tentang siapa kita, bagimana kita dapat seperti ini, dan kemana masa depan akan membawa kita.
         seorang guru akan dapat memberikan harapan yang realitis terhadap anak dan remaja.
         membantu kita dalam memberikan respons yang tepat terhadap prilaku tertentu seorang anak.
         membantu guru mengenali kapan perkembangan normal yang sesungguhnya dimulai.
         dengan mengetahui pola normal perkembangan, memungkinkan para guru untuk sebelumnya mempersiapkan anak menghadapi perubahan yang akan terjadi pada tubuh, perhatian dan prilakunya.
         memungkinkan memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada anak.
         studi perkembangan dapat membantu kita memahami diri sendiri.

         memungkinkan guru memberikan bantuan dan pendidikan yang tepat sesuai dengan pola-pola dan tingkat-tingkat perkembangan anak.

Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia

Postingan populer dari blog ini

Visi ilmu di indonesia

Karakteristik anak usia remaja (SMP/SMA)

Sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan