Aspek dan faktor yang mempengaruhi peserta didik

Aspek dan faktor yang mempengaruhi peserta didik

Berikut ini diuraikan pokok-pokok pertumbuhan dan perkembangan aspek-aspek yang berbeda antara satu dengan yang lain.
1.         Pertumbuhan fisik
Pertumbuhan fisik manusia merupakan proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang dan terjadi sejak anak sebelum lahir hingga dewasa. Perkembangan ini juga dikenal dengan nama perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif ini menurut piaget mengikuti tahap-tahap sebagai berikut:
A.        Tahap sensori motor (0-2 setengah tahun)
Masa ketika bayi menggunakan sistem pengindraan dan aktivitas motorik untuk mengenal lingkungannya.
B.        Tahap pra-oprasional (usia 2-7 tahun)
Pada tahap ini, kemampuan skema kognitifnya masih terbatas. Peserta didik suka meniru prilaku orang lain.
C.        Tahap oprasional konkret (usia 7-11 tahun)
Pada tahap ini, peserta didik sudah mulai memahami aspek-aspek kumulatif materi. Dalam tahap ini anak mulai mengembangkan 3 hal, yaitu:
1)         identifikasi: mengenali sesuatu;
2)         negasi: mengingkari sesuatu; dan
3)         reprokasi: mencari hubungan timbal balik antara beberapa hal.
D.        Tahap oprasinal formal (usia 11-15 tahun)
Perkembangan kognitif telah memiliki kemampuan memgkoordinasikan dua ragam kognitif baik secara silmutan (serentak) maupun berurutan.
2.         Emosi
Emosi merupakan gejala perasaan yang disertai dengan perubahan dan prilaku fisik.
3.         Sosial
Anak akan membentuk kelompok sebaya sebagai dunianya, dengan memahami dunia anak kemudian dunia pergaulan yang lebih luas.
4.         Bahasa
Bahasa sebagai alat komunuikasi juga dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, dan suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain, dengan demikian dalam berbahasa ada dua pihak yang terlibat, yaitu pihak penyampai dan pihak penerima.
5.         Bakat khusus
Bakat merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang hanya dengan rangsangan atau sedikit latian, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik
6.         Sikap, nilai, dan moral
Ada tiga faktor yang mempengaruhi perkembangan individu, yaitu:
A)        faktor hereditas, dipahami sebagai faktor bawaan yang dibawa anak dari orang tuanyaanak mewariskan sesuatu dari orang tuanya.
B)        faktor lingkungan, memberikan pengaruh terhadap perkembangan individu.

C)        faktor gabungan (hereditas dan lingkungan), dalam hal ini perkembangan seseorang dipengaruhi oleh faktor bawaan dan faktor lingkungan dari pengalaman. Aliran yang memahami faktor gabungan ini dikenal dengan istilah aliran konvergensi.

Daftar Pustaka
Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia

Postingan populer dari blog ini

Visi ilmu di indonesia

Karakteristik anak usia remaja (SMP/SMA)

Sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan