Aspek dan faktor yang mempengaruhi peserta didik
Aspek
dan faktor yang mempengaruhi peserta didik
Berikut
ini diuraikan pokok-pokok pertumbuhan dan perkembangan aspek-aspek yang berbeda
antara satu dengan yang lain.
1. Pertumbuhan fisik
Pertumbuhan
fisik manusia merupakan proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang
dan terjadi sejak anak sebelum lahir hingga dewasa. Perkembangan ini juga
dikenal dengan nama perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif ini menurut
piaget mengikuti tahap-tahap sebagai berikut:
A. Tahap sensori motor (0-2 setengah tahun)
Masa
ketika bayi menggunakan sistem pengindraan dan aktivitas motorik untuk mengenal
lingkungannya.
B. Tahap pra-oprasional (usia 2-7 tahun)
Pada
tahap ini, kemampuan skema kognitifnya masih terbatas. Peserta didik suka
meniru prilaku orang lain.
C. Tahap oprasional konkret (usia 7-11
tahun)
Pada
tahap ini, peserta didik sudah mulai memahami aspek-aspek kumulatif materi.
Dalam tahap ini anak mulai mengembangkan 3 hal, yaitu:
1) identifikasi: mengenali sesuatu;
2) negasi: mengingkari sesuatu; dan
3) reprokasi: mencari hubungan timbal
balik antara beberapa hal.
D. Tahap oprasinal formal (usia 11-15
tahun)
Perkembangan
kognitif telah memiliki kemampuan memgkoordinasikan dua ragam kognitif baik
secara silmutan (serentak) maupun berurutan.
2. Emosi
Emosi
merupakan gejala perasaan yang disertai dengan perubahan dan prilaku fisik.
3. Sosial
Anak
akan membentuk kelompok sebaya sebagai dunianya, dengan memahami dunia anak
kemudian dunia pergaulan yang lebih luas.
4. Bahasa
Bahasa
sebagai alat komunuikasi juga dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, dan suara
untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain, dengan demikian dalam
berbahasa ada dua pihak yang terlibat, yaitu pihak penyampai dan pihak
penerima.
5. Bakat khusus
Bakat
merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang hanya
dengan rangsangan atau sedikit latian, kemampuan itu akan dapat berkembang
dengan baik
6. Sikap, nilai, dan moral
Ada
tiga faktor yang mempengaruhi perkembangan individu, yaitu:
A) faktor hereditas, dipahami sebagai
faktor bawaan yang dibawa anak dari orang tuanyaanak mewariskan sesuatu dari
orang tuanya.
B) faktor lingkungan, memberikan pengaruh
terhadap perkembangan individu.
C) faktor gabungan (hereditas dan
lingkungan), dalam hal ini perkembangan seseorang dipengaruhi oleh faktor
bawaan dan faktor lingkungan dari pengalaman. Aliran yang memahami faktor
gabungan ini dikenal dengan istilah aliran konvergensi.
Daftar Pustaka
Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia