Visi ilmu di indonesia

Visi ilmu di indonesia
Visi adalah wawasan ke depan yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Visi bersifat intuitif yang menyentuh hati dan menggerakkan jiwa untuk berbuat. Visi tersebut merupakan sumber inspirasi , motivasi dan kreativitas yang mengarahkan proses penyelenggaraan kheiudpan berbangsa dan bernegara menuju masa depan yang dicita-citakan. Penyelenggaraan kehidupan berabngsa dan bernegara diorientasikan ke arah perwujudan visi tersebut karena pada haikatnya hal itu merupakan penegasan cita-cita bersama seluruh rakyat.
Bagi bangsa indonesia strategi pengembangan ilmu pengetahuan yang paling tepat ada dua hal pokok yaitu visi dan orientasi filosofiknya diletakkan pada nilai-nilai pancasila di dalam menghadapi masalah yang harus dipecahkan sebagai data atau fakta objektif dalam satu kesatuan integratif.
Visi dan orientasi operasionalnya diletakkan pada dimensi berikut :
a.       Teologis, dalam arti bahwa ilmu pengetahuan hanya sekedar sarana yang memang harus kita pergunakan untuk mencapai suatu teleos yaitu sebagaimana merupakan ideal kita untuk mewujudkan cita-cita sebagaimana dicantumkan dalam pembukaan undang-undang dasar 1945
b.      Etis, dalam arti bahwa ilmu pengetahuan harus kita operasionalkan untuk mengingkatkan harkat dan martabat manusia . manusia harus berada pada tempat yang sentarl. Sifat etis ini menuntut penerapan ilmu pengetahuan secara bertanggung jawab.
c.       Integral atau integratif . dalam arti bahwa penerapam ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas manusia sekaligus juga diarahkan untuk meningkatkan kualitas struktur masyaratnya sebab manusia selalu hidup dalam relasi baik dengan sesama maupun dalam masyarakat yang menjadi ajangnya . peningkatan kualitas manusia harus dintegrasikan ke dalam masyarakat yang juga harus di tingkatkna kualitas strukturnya.
Dengan visi ilmu diatas perlu relkesi anjuran-anjuran bagaimana membangin pemikiran ilmiah di indonesia. Prof T. Jacob menganjurkan bahwa dalam rangka mengimbangi peekembangan ilmu dan teknologi yang cenderung mengancam otonomi manusia, para ilmuwan selayaknya memperhatikan agama , etika dan filsafat ilmu.

Daftar Pustaka

Surajiyo.2007.Filsafat Ilmu. Jakarta : Bumi Aksara

Postingan populer dari blog ini

Karakteristik anak usia remaja (SMP/SMA)

Sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan