Perkembangan Masa Hidup Anak

 Perkembangan Masa Hidup Anak
Perkembangan pada masa anak-anak, meliputi sebagai berikut.
a.       Masa balita, masa prasekolah (2-5 tahun)
Perkembangan gerakan berubah menjadi lebih luwes. Kemampuan berbicara bertambah maju dan perbendaharaan kata bertanbah banyak. Anak sudah dapat berjalan dan berbicara, maka lingkungan sosial bertambah luas karena ia bermain dengan tema-teman diluar lingkungan keluarganya. Pada masa kanak-kanak, perkembangan yang lebih mudah diamati adalah perkembangan motorik. Yaitu segala sesuatu yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan tubuh. Dalam perkembangan motoris, unsur-unsur yang berkembang ialah otot, saraf dan otak.
b.      Masa anak sekolah (6-12 tahun)
Pada masa ini, anak memasuki masa belajar di dalam dan di luar sekolah anak belajar disekolah, tetapi membuat latihan pekerjaan rumah yang mendukung hasil belajar di sekolah. Anak-anak pada masa ini harus menjalani tugas-tugas perkembangan, yaitu seperti berikut.
·         Belajar keterampilan fisik untuk permainan biasa.
·         Membentuk sikap sehat mengenai dirinya sendiri.
·         Belajar bergaul dengan teman-teman sebaya.
·         Belajar peranan jenis yang sesuai dengan jenisnya.
·         Membentuk keterampilan dasar: membaca, menulis, dan berhitung.
·         Membentuk konsep-konsep yang perlu untuk hidup sehari-hari.
·         Membentuk hati nurani, nilai moral dan nilai sosial.
·         Memperoleh kebebasan pribadi.
·         Membentuk sikap-sikap terhadap kelompok-kelompok sosial dan lembaga-lembaga.
Dalam perkembangan ini, anak tetap memerlukan penambahan pengetahuan melalui belajar.
c.       Masa anak tanggung: praremaja (10-12 tahun)

Masa praremaja ditandai dengan meningkatnya cara berpikir kritis. Pada masa ini, mudah terjadi identifikasi yang sifatnya emosional terhadap teman sebaya yang sejenis. Minat dan aktivitasnya mulai mencemikan jenisnya secara lebih jelas. Perkembangan anak berlangsung dengan cepat, disertai dengan dorongan kuat untuk ekspansi diri dan berpetualang karena merasa bisa dan tangkas.

Daftar Pustaka
Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia 

Postingan populer dari blog ini

Visi ilmu di indonesia

Karakteristik anak usia remaja (SMP/SMA)

Sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan