Sumber dan alat pengetahuan menurut filsuf islam
Sumber
dan alat pengetahuan menurut filsuf islam
Para
filsuf islam menyebutkan beberapa sumber dan sekaligus alat pengetahuan yaitu :
- Alam fisik
- Alam akal
- Analogi (tamstsil)
- Alam fisikTanpa indera manusia tidak dapat mengetahui alam realitas . Disebutkan bahwa barang siapa tidak mempunyai indera maka ia tidak akan mengetahui sejumlah pengetahuan . Dalam filsafat aristoteles pengetahuan lewat indera termasuk dari enam pengetahuan yang aksiomatis . Peranan indera hanya memotret realita materi yang sifatnya parsial saja dan untuk menggeneralisasikannya dibutuhkan akal
- Alam akalKaum rasionalis selain alam tabiát atau alam fisik meyakini bahwa akal merupakan sumber pengetahuan yang kedua dan sekaligus juga sebagai alat pengetahuan . Mereka menganggap akal yang sebneranya menajid alat pengetahuan sedangkan indera hanya membantu sja a. Indera hanya merekam atau memotret realita yang ebrkaitan dengannya namun yang menyimpan dan mengolah adalah akal . Akrena kata mereka indera saja tanpa akal tidak ada artinya . Tetapi tanpa indera pengetahuan akal hanya tidak sepurna bukan tidak ada . Aktivitas akal antara lain :
- Menarik kesimpulan’
- Mengetahui konsep yang general
- Pengelompokan wujud
- Penilaian dan penguraian
- Penggabungan dan penyusunan
- Kreativitas
- Analogi (tamstil)Termasuk alat pengetahuan manusia adalah analogi yang dalam terminologi fikih disebut qiyas . Analogi ialaha menteapkan hukum atas segala sesuatu dengan hukum yang telah ada pada sesuatu yang lain karena adanya kesamaan antara dua sesuatu ituAnalogi dibagi menajdi dua :
- Analogi interpretatif : ketika sebuah kasus yang sudah jelas hukumnya namun tidak diketahui illatnya atau sebab penetapanya
- Analogi yang dijelaskan illatnya : kasus yang sudah jelas hukum dan illatnya
Daftar Pustaka
Fautanu, Idzam . 2012.
Filsafat Ilmu. Jakarta: Referensi