Postingan

Kehampaan dan bentuk

Kehampaan dan bentuk Jika realitas yang terbentuk dianggap sebagai lusi , maka filsafat timur bisa dikatakan menolak bentuk . Namun, kehampaan ini tidak di anggap sekedar ketiadaan belaka . Kehampaan adalah esensi dari seluruh bentuk dan sumber semua kehidupan. Dalam konsep hindu di sebutkan “brahman adalah kehidupan . Brahman adalah kegembiraan. Brahman adalah kekosongan”. Kegembiraan sesungguhnya sama dengan kekosongan . Kekosongan sesungguhnya sama dengan kegembiraan” Sementara para budhis mengungkapkan ide yang sana dalam konsep sunyala sebagai sebuah kekosongan yang hidup yang memberika kelahiran kepada segenap bentuk dalam dunia fenomenal . Para taois menganggapnya berasal dari kreativitas yang sama yang tak terhingga dan abadi. Mereka menamakanna kehampaan : “ tao dari surga adalah hampa dan tiada berbentuk” Konsep kekosongan tersebut dalam filsafat timur tidak bermakna sebgaia kenihilan namun, sebagai yang memiliki potensi kreatif tak terhingga . Mereka biasa memisal...

Karma

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>   (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({     google_ad_client: "ca-pub-7778601764325835",     enable_page_level_ads: true   }); </script> Karma Karma secara harfiah dapat berarti karya namun dalam hal ini sebagai sebuah doktrin , kita artikan sebagai sesuatu yang lain . Karma berarti hukum moral sebab akibat . Keadaan batin seseorang disaat ini seperti betapa bahagianya ia merupakan hal pasti dari apa yang di inginkan dan diperolehnya di waktu yang lalu . Demikian pula pikiran dan keputusan nya saat ini akan mempengaruhi kehidupan dimasa depan setiap perbuatan yang dilakukan manusia terhadap dunia akan mendapatkan reaksi yang seimbang dan berlawanan arah terhadap dirinya sendiri. Dengan doktrin ini kita hidup dalam dunia yang tidak mengenal kebetulan atau peristiwa tidak senagaja karena semua hal adalah akibat d...

Jnana yoga : jalan menuju tuhan melalui ilmu pengetahuan

Jnana yoga : jalan menuju tuhan melalui ilmu pengetahuan Yoga ini diberikan bagi mereka yang menganggap bahwa ide merupakan enyataan tertinggi atau menemukan pengetahuan dan kebenaran adalah kenikmatan tiada tara . Tujuan dari yoga ii adalah untuk membedah bidang yang tak diketahui dengan pedang pembedaan yang diperlukan adalah kemampua untuk membedakan bagian permukaan dari diir kita yang terletak berlapis-lapis dibagian luar dengan diri kita yang lebih luas lagi terletak di bawahnya , jnana yoga ada tiga tahap : Tahap pertama, mendengar atau membiarkan realitas masuk kedalam diri , secara metode bisa dimulai dengan mendengarkan kata-kata orang bijak lewat kata-kata orang bijak tersebut akan ditemukan kegagasan abstrak mengenai diri. Tahap kedua , berfikir melalui refleksi yang mendalam dan terus menerus apa yang telah muncul dalam pandangan pertama diubah dari konsep abstrak menjadi kenyataan penting cara yang lazim pada tahap kedua ini adalah menelaah bahasa yang digunakan ...

Fungsi dan posisi ijtihad

Fungsi dan posisi ijtihad Seperti kita ketahui bersama bahwa al qurán dan as sunah adalah pedoman agama bagi hidup dan kehidupan manusia . Sekalipun ia emmuat segala kebutuhan manusia , tidak seluruh ketentuan mengenai hal itu dimuat dengan jelas . Untuk mengungkaphal tersebut ialah dengan memfungsikan ijtihad . Nabi saw sendiri membenarkan hal itu seperti dalam dialog beliau dengan sabahat muadzin bin jabal Di samping itu dari atsar para sahabat dapat kita lihat antara lain : instruksi umar bin khattab kepada abu musa al asyari sebagai berikut : guankan pemahaman yang mendalam dalam masalah yang menggegapkan hatimu mengenai sesuatu yang tidak terdapat dalam al qurán dan as sunah . Ketahuilah carilah kemiripannya dan keserupaannya dan kemudian analogikan perkara-perkara itu dalam keadaan demikian . Dari hadist dan atsar diatas dan masih banyak lagi hadist dan atsar yang lain dapat diketahui bahwa ijtihad mempunyai fungsi dan posisi yang penting dalam agama islam yakni mengungka...

Diluar jangkauan dunia oposisional

Diluar jangkauan dunia oposisional                      Ketika semua orang di dunia ini memahami kecantikan untuk menjadi catik maka kejelekan muncul ; ketika semua orang mengerti kebaikan untuk menjadi baik maka kejatahan muncul                      Setiap benda dan peristiwa merupakan manifestasi dari suatu kesatuan dasar. Namun, konsep itu bukan berarti berimplikasi pada penyimpulan bahwa semua benda atau peristiwa sama saja atau setara. Filsafat timur tetap menyatakan bahwa ada otonomi dari realitas , dengan kata lain ada perbedaan antara benda-benda , tetapi pada saat bersamaan bahwa perbedaan tersebut jika dilihat dari suatu keseluruhan dari kesatuan adalah relatif . Jadi suatu realitas memiliki keutuhan pada suatu sisi yaitu ketika diobservasi dan memiliki ketidaktetapan ada s...

Chripstoper Philips

Chripstoper Philips Christoper philips mengajak kita semua untuk dapat mengaplikasikan kembali metode socrates dalam kehidupan sehari-hari , mengenai metode ini philips menuliskan : 1.       Metode socrates bisa disebut juga dengan metode elenchus artinya penyelidikan atau uji silang , melalui penyelidikan seseorang secara jujur memeriksa kesadaran yang dimilikinya dan melihat konsekuensi yang dihasilkan dai kesadarannya itu jika ternyata konsekuensinya mengarah pada ketidakbahagiaan maka keyakinan itu harus dirumuskan kembali 2.       Dialog socrates meminta kita untuk secara rela memeriksa seluruh kebenaran yang selama ini kita yakini dan yang kita anggap remeh 3.       Seialog socrates menegaskan bahwa kearifan tidak bisa dilakukan sendiiran dibutuhkan kawan dialog untuk setiap pencarian kebahagiaan , kawan dialog ini secara kritis terus memberikan pandangan lain dalam dirinya . Pandangan lain itu dap...

Bahaya bagi kemurnian ajaran islam ahlusunnah wal jamaáh

Bahaya bagi kemurnian ajaran islam ahlusunnah wal jamaáh Sejak dari lahirnya ahlussunnah wal jamaáh sebenarnya tidak pernah bebas dari ancaman , baik ancaman internal maupun ancaman eksternal. Ancaman dari luar dapat dikemukakan sebagai berikut: 1.       Usaha-usaha luar yang ingin merusak keurnian ajaran dengan mengaburkan ajaran ahlussunah wal jamaáh dan kemudian menggoncangkan. Misalnya membuat keraguan terhadap kemurnian hadist nabi saw sebagai pedoman pokok kedua dalam islam. Menyerang kemampuan sahabat yang meriwatyatkan kemampuan hadist banyak , seperti abu hurairah yang di nilai mustahil ia mampu meriwayatkan hadist sebanyak itu . Dengan demikian ummat isam di harapkan ragu terhadap kemurnian hadist yang ada 2.       Menggalakkan penggunaan akal yang seluas-luasnya tanpa keterikatan dalil agama, dengan dalil bahwa agama sendiri pun sangat menghargai kebebasan berfikir , mereka ingin menumbuhkan pikiran-pikiran bahwa akal m...