Postingan

Karakteristik anak usia remaja (SMP/SMA)

  Karakteristik anak usia remaja (SMP/SMA) Masa remaja (12-21 tahun) merupakan masa peralihan antara masa kehidupan anak-anak dan masa kehidupan orang dewasa. Masa remaja sering dikenal dengan masa pencarian jati diri ( ego identity ). Masa remaja ditandai dengan sejumlah karakteristik penting berikut. a)       Mencapai hubungan yang matang dengan teman sebaya. b)       Dapat menerima dan belajar peran sosial sebagai pria atau wanita dewasa yang dijunjung tinggi oleh masyarakat. c)       Menerima keadaan fisik dan mampu menggunkannya secara efektif. d)      Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya. e)       Memilih dan mempersiapkan karier di masa depan sesuai dengan minat dan kemampuannya. f)        Mengembangkan sikap positif terhadap pernikahan, hidup berkeluarga dan memiliki anak. g...

Periodensi Perkembangan Anak

Periodensi Perkembangan Anak 1.       Fase Perkembangan Berdasarkan Konsep Didaktif Dasar yang digunakan untuk menentukan pembagian fase-fase perkembangan adalah materi dan cara bagaimana mendidik anak pada masa-masa tertentu pembagian seperti ini, antara lain diberikan oleh Johann Amos Cimenius, seorang ahli didik dari Moravia. Ia membagi fase-fase perkembangan berdasarkan tingkat sekolah yang diduduki anak sesuia dengan tingkat usia dan menurut bahasa yang dipelajari disekolah. 2.       Peiodesasi Perkembangan Berdasarkan Ciri-ciri Psikologis Periode perkembangan berdasarkan ciri-ciri psikologis ini dikemukakan oleh beberapa ahli, di antaranya Oswald Kroch. Ciri-ciri yang digunakan oleh Oswald Kroch adalah pengalaman keguncangan jiwa yang dimanifestasikan dalam bentuk sifat trotz atau sifat “keras kepala” dan ia membagi fase perkembangan ini menjadi tiga. a.        Fase anak awal, umur0-3 ta...

Perbedaan Individual Peserta Didik

  Perbedaan Individual Peserta Didik Dalam aliran psikologi, masalah individu mendapat perhatian yang besar, sehingga melahirkan cabang psikologi yang dikenal dengan individual psychology atau differential psychology, yang memberikan perhatian besar terhadap penelitian tentang perbedaan antar individu. Dalam tujuan psikologi islam, perbedaan individual tersebut dipandang sebagai realitas kehidupan manusia yang sengaja diciptakan Allah untuk dijadikan bukti kebesaran dan kesempurnaan ciptaan –Nya. Individu menunjukkan kedudukan seseorang sebagai perseorangan atau personal. Sebagai orang perseorangan individu memiliki sifat-sifat atau karakteristik yang menjadikannya berbeda dengan mahluk lainnya. Perbedaan inilah yang disebut dengan perbedaan individual ( individual difference ). Secara umum, pebedaan individual dibagi menjadi dua, yaitu perbedaan secara vertikal dan perbedaan secara horizontal. Perbedaan vertical adalah perbedaan individu dalam aspek jasmaniah, seperti be...

Teori-Teori tentang Hakikat Perkembangan Peserta Didik

Teori-Teori tentang Hakikat Perkembangan Peserta Didik Berikut dijelaskan beberapa teori psikologi tentang hakikat manusia tersebut, terutama diakaikan dengan perkembangan psikologi anak didik. 1.       Teori Psikodinamika Teori psikodinamika adalah teori psikologi yang berupaya menjelaskan hakikat dan perkembangan tingkah laku (kepribadian) manusia. Teori ini dipelopori oleh Sigmund Freud (1856-1939). Model psikodinamika yang diajukan Freud disebut teori psikoanalistis ( psychoanalutic theory ). Menurut teori ini, tingkah laku manusia merupakan hasil tenagan yang beroperasi di dalam pikiran, yang sering terjadi tampa disadari oleh individu. Freud meyakini bahwa tingkah laku kita didorong oleh motif-motif di luar alam sadar kita dan konflik-konflik yang tidak kita sadari. Menurut Freud, sedikit ide-ide, harapan-harapan, dan implus-implus yang ada dalam diri individu dan yang menentukan tingkah laku mereka. Sebaliknya, bagian dari pikiran yang lebih be...

Karakteristik anak usia sekolah menengah pertama (SMP)

Karakteristik anak usia sekolah menengah pertama (SMP) Terdapat sejumlah karakteristik yang menonjol pada anak usia SMP ini, yaitu seperti berikut. a)       Terjadinya ketidakseimbangan proporsi tinggi dan berat badan. b)       Mulai timbulnya ciri-ciri seks sekunder. c)       Kecendrungan ambivalensi, antara keinginan menyendiri dengan keinginan bersosialisasi, serta keinginan untuk bebas dari dominasi dengan kebutuhan bimbingan dan bantuan dari orang tua. d)      Senag membandingkan kaidah-kaidah, nilai-nilai etika atau norma dengan kenyataan yang terjadi dalam kehidupan orang dewasa. e)       Mulai mempertanyakan secara skeptic mengenai eksistensi dan sifat kemurahan dan keadilan Tuhan. f)        Reaksi dan eskpresi emosi masih labil. g)       Mulai mengembangkan standar dan harapan terhadap p...

Masalah perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar (SD)

  Masalah perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar (SD) Berikut adalah beberpa masalah perkembangan psikologi anak usia sekolah dasar yang mungkin saja/bisa terjadi. §   Hiperaktif Ini merupakan sebuah gangguan yang cukup sering terjadi. Seorang anak akan mendapatkan sebuah gangguan prilaku dimana mereka cenderung bergerak aktif, bahkan super aktif di dalam rumah atau di lingkungan permainan bersama dengan teman-temanya. Seorang anak dengan masalah psikologi hiperaktif memerlukan penanganan yang begitu cepat. §   Sulit berkonsentrasi Anak dengan konsentrasi yang buruk bisa membuatnya kesulitan apabila harus belajar dalam waktu lama dan mengerti mengenai beberapa materi pembelajaran. §   Pemurung dan penyendiri Mereka sangat sulit bergaul dan cenderung merasa malu dengan keadaan mereka sendiri. Anak-anak seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut karena jiwa sosial mereka tidak bisa berkembang jika selalu dibiarkan. §   Masalah bicara R...